Kegiatan penyaluran distribusi (saluran distribusi) dalam perekonomian yaitu pembahasan yang akan dijelaskan secara lengkap pada artikel berikut ini. Sub pembahasan mengenai saluran distribusi yang akan dibahas didalam bahan pelajaran Ekonomi yakni sebagai berikut :
1. Pengertian distribusi.
2. Tujuan kanal distribusi.
2. Tujuan kanal distribusi.
3. Sistem kanal distribusi.
4. Lembaga penyalur distribusi.
5. Etika ekonomi dalam distribusi barang dan jasa.
6. Faktor-faktor yang mensugesti kanal distribusi.
Semoga pembahasan ini sanggup menambah pengetahuan dan wawasan anda didalam mengetahui pengertian distribusi, tujuan kanal distribusi, sistem kanal distribusi, lembaga penyalur distribusi, etika ekonomi dalam distribusi barang dan jasa serta faktor-faktor yang sanggup mensugesti kanal distribusi dan sanggup menjadi portal rujukan tugas, skripsi maupun makalah bagi para pelajar di seluruh wilayah tanah air Indonesia maupun mancanegara.
Pengertian distribusi
Distribusi adalah penyaluran dan penyebaran barang dari tangan produsen untuk hingga di tangan konsumen (saluran distribusi). Sedangkan distributor adalah orang yang melaksanakan acara penyaluran barang. Tidak semua barang yang dihasilkan oleh produsen pribadi sanggup diketahui oleh konsumen.
Untuk mengatasinya, pihak produsen dan distributor harus melaksanakan upaya-upaya supaya semua barang hasil produksinya sanggup dengan cepat diketahui oleh konsumen. Upaya-upaya tersebut, contohnya :
1. Mengadakan promosi melalui media cetak maupun elektronik.
2. Mengadakan festival hasil produksi.
3. Menyebarkan brosur, pamflet, daftar barang dan harga hasil produksi.
Baca juga Kegiatan Produksi Dalam Ekonomi
Tujuan kanal distribusi
Berikut ini yaitu tujuan dari penyaluran distribusi antara lain yakni sebagai berikut :
1. Menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen.
2. Agar hasil produksi lebih mempunyai kegunaan bagi masyarakat.
3. Kebutuhan masyarakat akan barang atau jasa terpenuhi.
4. Agar kontinuitas produksi terjamin.
Sistem kanal distribusi
Sistem distribusi yaitu cara yang dilakukan distributor supaya barang hingga kepada konsumen. Untuk mencapai tujuan distribusi, ada beberapa cara yang dilakukan , yaitu :
1. Distribusi langsung
Distribusi pribadi yaitu distribusi barang/jasa tanpa melalui mediator sehingga penyalurannya pribadi dari produsen kepada konsumen.
2. Distribusi semi langsung
Distribusi semi pribadi yaitu sistem distribusi dari produsen kepada konsumen melalui pedagang mediator yang merupakan bab dari produsen.
3. Distribusi tidak langsung
Distribusi tidak pribadi yaitu sistem distribusi dari produsen kepada konsumen melalui agen, grosir, makelar, komisioner dan pedagang kecil yang bertindak sebagai pedagang perantara.
Lembaga penyaluran distribusi
Berikut ini yaitu lembaga-lembaga yang melaksanakan acara distribusi didalam perekonomian yakni sebagai berikut :
a. Pedagang
Pedagang yaitu orang atau tubuh yang membeli barang dagangan dari produsen dan menjualnya kepada konsumen. Para pedagang biasanya membeli barang dalam jumlah banyak, sehingga barang tersebut perlu tempat untuk penyimpanan (stockpile). Pedagang terdiri atas :
1. Pedagang besar (grosir)
Pedagang besar atau disebut dengan grosir yaitu pedagang yang membeli dan menjual barang dagang dalam jumlah besar dan menjualnya kembali ke pedagang kecil.
2. Pedagang kecil (retailer)
Pedagang kecil atau disebut juga dengan retailer yaitu pedagang yang membeli barang dagangannya dari grosir dan menjualnya kepada pedagang yang lebih kecil atau mengecerkan secara pribadi kepada konsumen.
Baca juga Kegiatan Konsumsi Dalam Ekonomi
b. Perantara Khusus
1. Agen
Agen yaitu penyalur tunggal suatu perusahaan yang menghasilkan produksi benda atau jasa tertentu.
2. Makelar
Makelar yaitu pedagang mediator yang bekerja atas nama orang yang menyuruhnya.
3. Komisioner
Komisioner yaitu forum distribusi yang merupakan mediator dagang dalam pembelian maupun penjualan yang bekerja atas nama sendiri.
c. Importir
Importir yaitu pedagang yang kegiatannya mendatangkan (membeli) barang-barang dalam jumlah besar dari luar negeri.
d. Eksportir
Eksportir yaitu pedagang besar yang kegiatannya menjual barang-barang dari dalam negeri ke luar negeri.
Etika ekonomi dalam distribusi barang dan jasa
Etika ekonomi dalam distribusi barang dan jasa yaitu tindakan berusaha memperoleh laba yang masuk akal tanpa merugikan pihak lain (konsumen, produsen dan sesama distributor). Inti adab ekonomi yang selayaknya dijalankan distributor yaitu berbagi barang dan jasa secara adil dan merata kesemua wilayah supaya tercukupi semua kebutuhannya dengan harga yang relatif sama dan terjangkau.
Sistem distribusi dianggap efisien apabila memenuhi dua syarat yaitu sebagai berikut :
1. Mampu memberikan hasil-hasil dari produsen kepada konsumen dengan biaya semurah-murahnya.
2. Mampu mengadakan pembagian yang adil dari keseluruhan harga yang dibayar konsumen terakhir kepada semua pihak yang ikut serta didalam acara produksi dan distribusi barang tersebut.
Faktor-faktor yang mensugesti kanal distribusi
Saluran distribusi dipengaruhi oleh lima faktor, Adapun #5 faktor kanal distribusi yang dimaksud antara lain yakni sebagai berikut :
1. Sifat barang.
2. Jumlah barang yang dihasilkan.
3. Biaya pengangkutan.
4. Luasnya kawasan pemasaran.
5. Sarana transportasi dan komunikasi.
Baca juga Faktor-faktor Dalam Kegiatan ProduksiDemikian pembahasan mengenai kegiatan kanal distribusi dalam ekonomi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar