Kamis, 10 Maret 2016

Pengertian Masakan Dan Fungsi Masakan Bagi Tubuh

Pengertian masakan dan fungsi masakan bagi tubuh adalah materi pelajaran biologi yang akan dibahas dengan lengkap pada artikel berikut ini. Adapun sub pembahasan mengenai makanan dan fungsinya didalam sistem pencernaan pada manusia yang akan di uraikan yakni sebagai berikut :

1. Pengertian makanan.
2. Fungsi makanan.
3. #6 zat yang terkandung dalam masakan yang baik untuk tubuh.
4. #7 Fungsi protein.
5. Macam-macam vitamin.
6. #4 manfaat air susu ibu (ASI).
7. Uji kandungan makanan.

Pengertian makanan

Makanan ialah sumber energi bagi badan supaya sanggup melaksanakan banyak sekali aktivitas. Jika badan kekurangan energi maka badan akan lemas dan gampang lelah. Oleh alasannya itu, selalu biasakan sarapan pagi sebelum kau melaksanakan aktivitas.
Pengertian masakan dan fungsi masakan bagi badan Pengertian Makanan Dan Fungsi Makanan Bagi Tubuh

Fungsi makanan

Makanan memiliki enam fungsi untuk tubuh. Adapun #6 fungsi makanan ialah antara lain sebagai berikut :
1. Pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
2. Pemeliharaan dan perbaikan sel-sel badan yang telah rusak atau tua.
3. Pengaturan metabolisme tubuh.
4. Penjaga keseimbangan cairan tubuh.
5. Pertahanan badan terhadap penyakit.
6. Penghasil energi.

#6 zat yang terkandung dalam masakan yang baik untuk tubuh

Makanan yang baik untuk badan ialah masakan bersih, sehat dan bergizi seimbang. Makanan bergizi seimbang harus mengandung zat-zat menyerupai karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air. Adapun #6 zat yang terkandung dalam masakan yang baik untuk tubuh sanggup dijelaskan sebagai berikut :

1. Karbohidrat
Fungsi karbohidrat di dalam badan antara lain sebagai sumber energi utama, berperan penting dalam proses metabolisme, menjaga keseimbangan asam dan basa, pembentukan struktur sel, jaringan dan organ, dan membantu proses pencernaan masakan dalam akses pencernaan, contohnya selulosa. Sumber karbohidrat adalah menyerupai pada padi-padian (beras, gandum, jagung), umbi-umbian (singkong, ubi,kentang), tepung, dan sagu.

2. Lemak
Bagi badan kita, lemak memiliki fungsi yang sangat penting. Selain sebagai sumber energi, lemak juga ialah penyusun membran sel, sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K, serta sebagai cadangan masakan bagi tubuh. Lemak sanggup di peroleh dari tumbuhan (nabati) maupun binatang (hewani). Beberapa materi masakan yang mengandung banyak lemak contohnya ialah menyerupai kacang-kacangan, minyak goreng, daging dan susu.

3. Protein
Protein antara lain didapat dari binatang : daging, susu, ikan, telur, dan keju. Sedangkan protein dari tumbuhan didapat dari biji-bijian.

#7 Fungsi protein

Fungsi protein ialah antara lain sebagai berikut :
#1. Sintesis zat-zat penting tubuh, menyerupai hormon, enzim, dan antibodi.
#2. Pertumbuhan, perbaikan, dan pemeliharaan jaringan tubuh.
#3. Pelaksanaan metabolisme tubuh.
#4. Penyeimbangan asam dan basa cairan badan alasannya berperan sebagai buffer.
#5. Pemeliharaan tekanan cairan dalam sekat rongga tubuh.
#6. Penyediaan sumber energi, dimana 1 gram protein terkandung 4,1 kalori.
#7. Penetralan (detoksifikasi) racun di dalam tubuh.

4. Vitamin
Vitamin sanggup berfungsi sebagai ko-enzim, ko-enzim adalah suatu zat yang memacu bekerjanya suatu enzim. Terdapat dua kelompok vitamin, yaitu vitamin yang larut dalam lemak dan tidak larut dalam lemak. Vitamin larut dalam lemak memiliki sifat sanggup disimpan. Bila jumlah yang tersedia lebih banyak dari yang diharapkan tubuh, akan disimpan di dalam lemak dalam waktu yang cukup lama. Berbeda dengan vitamin yang tidak larut dalam lemak, kalau masukan vitamin melebihi jumlah yang diharapkan oleh tubuh, kelebihannya akan dibuang ke luar tubuh.

Macam-macam vitamin

Macam-macam vitamin yang dibutuhkan oleh badan ialah antara lain sebagai berikut :
a. Vitamin A
Vitamin A terdapat pada hati, minyak ikan, lemak hewani, kuning telur, wortel dan tomat. Fungsi vitamin A adalah sebagai meningkatkan daya tahan badan dan menjaga kesehatan mata. Akibat kekurangan vitamin A adalah xeroftalmia, rabun senja, kulit pecah-pecah, pertumbuhan lambat.

b. Vitamin B1
Vitamin B1 terdapat pada kulit beras, kacang hijau, sayur-sayuran, hati, susu, dan daging. Fungsi vitamin B1 adalah sebagai mengoksidasi makan untuk memperoleh energi. Akibat kekurangan vitamin B1 adalah penyakit beri-beri dan gangguan saraf.

c. Vitamin B2
Vitamin B2 terdapat pada hati, susu, telur, dan ragi. Fungsi vitamin B2 adalah sebagai pernafasan sel, menjaga keutuhan jaringan saraf dan kornea mata. Akibat kekurangan vitamin B2 adalah katarak, mata kabur, ujung lisan terkelupas.

d. Vitamin B6
Vitamin B6 terdapat pada telur, daging, kentang, dan kubis. Fungsi vitamin B6 adalah membantu badan mencerna protein dan respirasi seluler. Akibat kekurangan vitamin B6 adalah penyakit anemia dan pellagra.

e. Vitamin B12
Vitamin B12 terdapat pada daging, susu, dan ragi. Fungsi vitamin B12 adalah sebagai pembentukkan sel darah merah. Akibat kekurangan vitamin B12 adalah anemia pernisiosa (sel darah merah berjumlah sedikit, rapuh, dan gampang hancur).

f. Vitamin C
Vitamin C terdapat pada jeruk, pepaya, tomat, pisang, dan sayuran hijau segar. Fungsi vitamin C adalah sebagai keutuhan zat perekat antar sel, menjaga kekebalan jaringan epitel. Akibat kekurangan dari vitamin C adalah penyakit skorbut (gusi gampang berdarah dan gigi gampang goyang).

g. Vitamin D
Vitamin D terdapat pada susu, mentega, kuning telur, dan minyak ikan. Fungsi vitamin D adalah membantu pertumbuhan tulang. Akibat kekurangan vitamin D adalah gangguan pertumbuhan tulang pada belum dewasa dan rakitis.
Baca ini Pengertian, Fungsi Dan Macam Tulang Rangka Manusia
h. Vitamin E
Vitamin E terdapat pada biji-bijian, sayur-sayuran, telur, mentega, dan susu. Fungsi vitamin E adalah sebagai pembantu sistem reproduksi. Akibat kekurangannya vitamin E adalah kemandulan.

i. Vitamin K
Vitamin K terdapat pada sayuran hijau, biji-bijian dan hati. Fungsi vitamin K adalah mempercepat pembekuan darah dan mencegah keguguran. Akibat kekurangan vitamin K adalah darah sukar membeku.

5. Mineral
Mineral ialah bahan-bahan anorganik (tak hidup). Tubuh kita sangat membutuhkan mineral untuk pembentukan struktur tubuh. Beberapa mineral yang sangat dibutuhkan tubuh, contohnya menyerupai :
a. Kalsium
Kalsium berkhasiat untuk pembentukan tulang dan gigi.
b. Besi
Besi berkhasiat untuk pembentukan hemoglobin.
c. Natrium
Natrium berkhasiat untuk proses kontraksi otot.
d. Fosfor
Fosfor berkhasiat untuk proses pembentukan energi dalam sel.
Baca ini Pengertian, Fungsi Dan Jenis Otot Serta Cara Kerja Otot
Susu adalah materi masakan yang cukup lengkap dan mengandung mineral yang diharapkan oleh tubuh. Seperti halnya vitamin, mineral eksklusif diserap tanpa harus melalui proses pencernaan.

6. Air
Air ialah komponen terbesar penyusun protonplasma. Sekitar 60% badan insan terdiri dari air. Adapun #5 fungsi air adalah sebagai berikut :
a. Melarutkan masakan dan mempercepat reaksi kimiawi dalam tubuh.
b. Mengangkut sisa zat pembakaran yang tidak terpakai.
c. Mengangkut banyak sekali substansi didalam tubuh.
d. Membentuk cairan tubuh.
e. Mengatur panas tubuh.

Makanan bergizi adalah masakan yang mengandung zat masakan yang diharapkan tubuh. Makanan bergizi baik untuk kesehatan. Jika badan kekurangan masakan bergizi sanggup menjadikan gangguan, di antaranya busung lapar atau Hunger Oedema (HO). Bayi yang gres lahir belum sanggup memakai alat pencernaan dengan baik. Oleh alasannya itu, sumber masakan yang paling baik buat bayi ialah Air Susu Ibu (ASI). ASI dihasilkan oleh kelenjar susu (glandula mammae) yang dipacu oleh hormon prolaktin.

#4 manfaat air susu ibu (ASI)

Dibawah ini ialah empat manfaat ASI bagi bayi yang sanggup dijelaskan sebagai berikut :
1. Mengandung komposisi yang sesuai untuk bayi ialah menyerupai air, lemak, laktosa (karbohidrat), protein berupa kasain dan whein, garam, mineral dan vitamin.
2. Melindungi bayi dari benjol bakteri, virus dan jamur (faktor protektif).
3. Mencegah gigi hitam dan keropos pada anak balita.
4. Memberikan laba psikologis pada bayi yakni menyerupai memperlihatkan rasa kondusif sehingga sanggup menumbuhkan rasa percaya diri dalam proses perkembangannya.

Uji kandungan makanan

1. Menguji kandungan amilum pada makanan
Makanan + larutan yodium ==> biru kehitaman
Jika masakan ditambahkan larutan yodium, kemudian warna makanannya bermetamorfosis biru kehitaman artinya ialah masakan tersebut mengandung amilum/ zat tepung.

2. Menguji kandungan protein pada makanan
Makanan + larutan biuret ==> ungu/violet
Jika masakan ditambahkan larutan biuret, kemudian warna makanannya bermetamorfosis ungu/violet artinya ialah masakan tersebut mengandung protein.

3. Menguji kandungan gula pada makanan
Makanan + larutan benedict ==> merah bata
Jika masakan ditambahkan larutan benedict kemudian dipanaskan, kemudian terbentuk endapan merah bata, artinya ialah masakan tersebut mengandung gula.

4. Menguji kandungan lemak pada makanan
Untuk menguji adanya zat lemak dipakai kertas HVS. Jika suatu masakan mengandung lemak, maka kertas HVS akan bermetamorfosis transparan.

Demikian pembahasan mengenai pengertian masakan dan fungsi masakan bagi tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar